Jalan Pulang Ki Umbara

Oleh AMIN R. ISKANDAR

Teu Tulus Paeh Nundutan 2013KI UMBARA adalah nama pena H. Wiredja Runusulaksana (1914-2004). Oleh para sastrawan Sunda yang dekat dengannya biasa dipanggil Uwa. Ia lahir di Kuningan, berprofesi sebagai guru—mula-mula di Banten lalu pindah ke Bandung hingga pensiun. Ki Umbara juga banyak mengarang dalam bahasa Sunda; baik berbentuk roman, cerita pendek (Sunda: carpon), maupun sajak. Roman dan carpon karangan Ki Umbara kebanyakan beraroma mistis, di samping nukilan-nukilan sejarah Islam.

Soal karangan-karangan Ki Umbara yang mistis, Abdullah Mustappa dalam tulisan “Jurig Saparakancana”—pada Majalah Cupumanik Nomor 1/2003—memberi garansi, “…Mun jurig didongéngkeun ku Si Uwa, dijamin ramé jeung matak resep. Jurig téh siga anu dicirian hiji-hiji saluyu jeung watekna. Cilacingkrung aya karang dina irung, Sébakangkang aya céda dina tarang. Uwa mah mani siga nu apal ka jurig téh?…”

Delapan carpon Ki Umbara kemudian terbit dalam bentuk buku, pertama-tama oleh penerbit Pusaka Sunda (1965), kemudian oleh penerbit Rahmat Cijulang (1986). Setelah lebih dari dua dekade sejak cetakan kedua—bahkan mendekati dekade ketiga—giliran Kiblat Buku Utama yang menerbitkannya lagi (April 2013). Teu Tulus Paéh Nundutan, judul bukunya, diambil dari salah satu judul carpon yang terhimpun di dalamnya.

Pada cover bagian belakang buku tersebutedisi terbaru—terbaca keterangan, “…, merenah pisan upama Ki Umbara kasohor minangka sastrawan Sunda nu ngabaladah génre sastra da’wah.”

Tentu, keterangan itu menjelaskan posisi Ki Umbara di antara para sastrawan Sunda. Kiranya penobatan Ki Umbara sebagai sastrawan Sunda pelopor genre sastra dakwah akan kian kukuh bila membaca buahpikirnya dalam Majalah Baranangsiang No. 5. Dalam paragraf pertama esai yang berjudul “Kumaha Pamadegan Sadérék? Ari Jurig, Aya?”, Ki Umbara membuka fakta bahwa jauh sebelum orang Sunda mengenal ajaran Hindu dan Islam, terlebih dahulu sudah sangat akrab dengan kepercayaan animisme; seperti menyembah waktu dan kayu, semacam pegangan kaum bangsa primitip.

Namun, tampaknya bukan itu poin kegelisahan Ki Umbara. Pada paragraf berikutnya tertulis, “Anéhna, sanajan geus ngaliwatan Hindu jeung Islam, kapercayaan jeung kabiasaan-kabiasaan nurutkeun animisme téh, keukeuh pageuh napelna dina ati bangsa urang téh. Cohagna mah, réa kénéh bangsa urang anu ngakuna Islam téh saenyana ngan bungkusna baé, ari galeuh-galeuhna mah meleg-meleg animisme…”

Asumsi saya, bisikan batin inilah yang mengilhami lahirnya roman dan carpon mistis Ki Umbara, termasuk yang ada dalam buku Teu Tulus Paéh Nundutan. Dalam buku tersebut seakan terbentang satu benang merah, yang bisa kita sebut sebagai tema pengikat keutuhan buku; yakni keyakinan bahwa akan selalu ada jalan kembali bagi mereka yang tersesat ruhani seperti pergi ke dukun, memuja setan, serta menempa diri dengan ilmu-ilmu di luar nalar manusia (animisme).

Dalam carpon “Teu Tulus Paéh Nundutan”, misalnya, Ki Umbara bercerita tentang Ki Syirwan, seorang pencuri kelas kakap yang kejam dan sakti; kejam karena tega membunuh, sakti sebab menguasai ilmu hitam (kain kafan curian dari dalam kubur jimat utamanya). Lalu, carpon “Anak Kiai Jadi Ronggéng”, bercerita tentang putusnya urat malu para pejabat yang mabuk sambil menari mengitari tubuh ronggeng di muka umum. Ada juga carpon “Éksamen”, kisah seorang anak pemalas yang hendak lulus ujian, lalu memuja kuburan mengharap kelulusan; serta carpon “Nyupang”, cerita seorang menantu sengsara yang tak tahan menerima hinaan mertua, lalu nekat memuja iblis serta menyuguhkan mertuanya sebagai tumbal.

Karena memiliki pola yang hampir sama, menyebut empat judul carpon tadi kiranya cukup mewakili keutuhan buku Teu Tulus Paéh Nundutan, di mana sekurang-kurangnya terdiagnosa tiga penyakit yang dapat menjerumuskan manusia ke jalan sesat; yaitu kuasa, harta dan “lorong” di antara dua paha.

Selain ketiga penyakit tadi dapat mengena pada pria dan wanita, tua dan muda, juga bisa mencipkatan lingkaran setan di antara ketiganya. Misalnya mengejar kekuasaan demi harta yang melimpah agar dapat “belanja” seks sepuas-puasnya. Atau demi mengejar kekuasaan dan harta sampai rela mengesampingkan kesucian harga diri, seperti skandal yang sesekali muncul dalam media massa.

Sekali lagi, carpon-carpon dalam buku Teu Tulus Paéh Nundutan bercerita tentang orang-orang yang sesat ruhaninya. Sedangkan Ki Umbara berada dalam upaya menuntunnya kembali. Di sinilah Ki Umbara menunjukkan kelasnya, yakni ketika menghadirkan hal-hal mistis untuk membuat titik balik karakter para tokoh cerita. Misalnya dalam carpon “Anak Kiai Jadi Ronggéng”, dengan enteng saja Ki Umbara membawa Si Ronggeng pada pengalaman mistik. Berikut kutipannya:

“Barang dina peuting kahiji, nincak kana taun katilu kuring ngaronggéng, na ana bréh téh titingalian kuring jadi robah. Masya Alloh horéng.., boh panjak, boh sasama ronggéng, boh nu keur ngarigelan, boh nu lalajo; geuning kabéh gé lain.., jelema. Tapi.., babi, bagong, monyét, méong, lutung jeung buhaya.”

Begitu juga dalam carpon “Teu Tulus Paéh Nundutan”. Secara sederhana Ki Umbara mengarahkan tokoh Ki Syirwan pada kisah kematian seorang kiai besar di kampungnya. Ki Syirwan yang mengandalkan kain kafan sebagai jimatnya, tentu tertarik hatinya untuk menggali kubur sang kiai. Terjadilah adegan itu pada malam harinya, saat kebanyakan orang ramai-ramai tahlil di rumah sang kiai. Namun, apa yang terjadi? Berikut kutipannya:

“Barang ketebna dibuka…, masya Alloh, lamun lain Ki Syirwan mah jelemana, teuneung jeung ludeungan, moal boa geus tibuburanjat ngajerit bari lumpat atawa ngayekyek tuluy kapaéhan. Sabab ulama téh katémbong keur candukul, panonna burial buncelik, bahamna sambutut ku orang nu sirahna eueuleugeugan. Ki Syirwan teu kapalang wani, pok nanya, ‘Nun Kiai, naon sababna nu matak kajadian kieu?’

Témbalna ngosom, ‘Ieuh Syirwan, sukur andika datang, puguh kaula rék ménta tulung. Nu matak sungut kaula dicocokan oray, sabab waktu kaula hirup geus ngadahar dalima tatangga kalawan teu ménta ridona anu boga baheula. Éta dalima téh kabawa palid ku cileuncang, anu ngocor ti buruan tatangga téa ka buruan kaula. Kaula rasa mokaha, tuluy baé didahar. Tina éta, omat kaula tulungan, pangméntakeun ridona ka nu boga, sangkan kaula lésot tina siksa’.”

Begitulah upaya Ki Umbara memerangi berbagai kemungkaran sejak tahun 1950-an. Ia menyentuh wilayah akidah dan muamalah. Menurut kita kini, kisah Ki Syirwan tadi memang sangat mustahil, tapi toh bukan itu tujuan Ki Umbara yang sesungguhnya.

Tampaknya, perjuangan Ki Umbara untuk membawa kembali mereka yang tersesat belum usai. Pencuri (baca: koruptor) sudah jelas sering muncul di televisi. Pemuja dukun (atau apapun namanya) riuh rendah masih sempat kita dengar, seperti fenomena para pemburu kekuasaan yang memanfaatkan jasa dukun politik. Belakangan isu ini sempat ramai; dukun politik ramai mengakui banyaknya pasien kalangan politisi, politisi ramai menampik kepercayaan itu. Terlepas dari siapa yang benar dan salah, yang jelas jalan pulang masih terbuka lebar bagi mereka yang hendak selamat di akhirat.

Tulisan ini dimuat pada laman OPINI Harian Pagi Tribun Jabar edisi Sabtu (28/12/2013).

2 thoughts on “Jalan Pulang Ki Umbara

  1. Saya bangga.semua karangan2 buku ayah.saya…cerita yg bernuansakan alam gaib hingga asimilasi pernikahan orang pribumi.dan orang tionghoa sebetulnya sdh puluhan tahun yll sdh beliau angkat dlm buku2nya…semoga masih ada para pembaca yg mengoleksi buku2 Ki Umbara…dan semoga buku2 tsb dpt bermanfaat bagi orang banyak

    1. Wah, senang juga tulisan saya dibaca oleh keturunan almarhum. Salam kenal. Semoga kita sehat selalu dan senantiasa berada di jalur yang benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s